KURIKULUM MADRASAH ALIYAH MASA DEPAN

Analisis Politik Kebijakan

Authors

  • Muhajir Muhajir Pascasarjana IAIN SMH Banten

Keywords:

Kurikulum, Madrasah, Integrated, Islam, Dikotomi

Abstract

Pendidikan Islam yang identik dengan madrasah harus dapat memperbaharui kurikulum yang ada, agar madrasah senantiasa up date dengan perkembangan dan tidak ketinggalan zaman. Walaupun tetap harus mempertahankan nilai-nilai Islami, sebagai misi utama madrasah. Kurikulum Madrasah Aliyah tetap harus mempunyai konsep integrated artinya terpadu antara ilmu-ilmu ke-Islaman dan ilmu-ilmu kealaman. Konsep dikotomi ilmu pengetahuan harus dijauhi oleh Madrasah Aliyah, walaupun di Indonesia berlaku dikotomi ilmu penngetahuan. Madrasah harus mempunyai prinnsip integrated yang sejati, tidak terpengaruh dengan realitas dikotomik yang ada di Indonesia. Adanya tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Madrasah Aliyah akan berkembang menjadi modern dan Islami, sekaligus akan dapat mengantisipasi sekularisasi, kapitalisme dan materialisme.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhajir Muhajir, Pascasarjana IAIN SMH Banten

Dosen Pascasarjana IAIN SMH Banten

Published

2017-01-11