Pendekatan Fonetik, Kontrastif, dan Komunikatif dalam Pengajaran Membaca Alquran

Authors

  • Azkia Muharom Albantani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/alfaz.Vol7.Iss02.2294

Keywords:

Pendekatan Fonetik, Pendekatan Kontrastif, Pendekatan Komunikatif, Pengajaran Membaca Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan fonetik, pendekatan kontrastif, dan pendekatan komunikatif dalam mengajar membaca Alquran bagi muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan untuk mengungkap pengajaran membaca Alquran dengan pendekatan fonetik, kontrastif, dan komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran membaca Alquran efektif dilakukan dengan menggunakan pendekatan fonetik, kontrastif, dan komunikatif. Pendekatan fonetik maksudnya mengajarkan bunyi-bunyi atau huruf Alquran lebih ditekankan kepada cara mengucapkan lambang bunyi Alquran baik yang berupa huruf maupun yang berupa harakat yang semestinya menurut Ilmu Tajwid dari pada mengenalkan nama-nama huruf atau harakat itu. Pendekatan kontrastif maksudnya mengajarkan membaca Alquran kepada anak-anak Indonesia harus dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf atau harakat yang bunyinya ada padanannya dalam bahasa Indonesia untuk mempermudah mereka dalam pengucapan. Pendekatan komunikatif maksudnya kita mengajarkan membaca Alquran melalui mengenal tanda baca dan bagaimana membunyikan tanda baca-tanda baca itu dengan benar, baik dalam bentuk huruf, harakat, kata maupun kalimat yang betul-betul ada dan dipakai dalam Alquran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Bakr, Yusuf al-Khlaifah. Aswath Alquran, Khartoum: Maktabah al-Fikr al-Islamiy, 1973.
Astuti, Rini. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No.2, 2013.
Bisyr, Kamal Muhammad. Ilm al-Lughah al-“Amm al- Ashwat al-‘Arabiyyah, Kairo: Maktabah al-Syabab, 1990.
Christianti, Martha. “Kajian Literatur Perkembangan Pengetahuan Fonetik pada Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. 1, 2015.
Dewi, Intan Sari. “Bahasa Arab dan Urgensinya dalam Memahami Al-Qur’an”, Jurnal Kontemplasi, Vol. 4, No. 1, 2016.
Hassan, Tamam. Al- Tamhid Fi Iktisab al-Lughah al-Arabiyah, Mekkah: Jamiat Umm al-Qura, 1984.
Hidayat, Nandang Sarip. “Analisis Kesalahan dan Konstrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian sosial keagamaan, Vol.17, No. 2, 2014.
Hijazy, Mahmud Fahmi. Madkhal ‘Ila Ilm al-Lughah, Kairo: Dar al-Tsaqafah, 1982.
al-Khuliy, Muhammad ‘Ali. Asalib Tadris al- Lughah al- Arabiyah, Kairo: al- farazdaq, 1986.
Lundeto, Adri. “Analisis Metode Pengajaran Fonetik dan Morfologi Bahasa Arab”, Jurnal Iqra’, Vol.3. No.1, 2009.
Ma’mun, Muhammad Aman. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”, Annaba : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, 2018.
Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 1, No. 1, 2014.
Nawawri, Maimun. “Bahasa dan Hegemoni Kekuasaan (Analisa Historis Sosiologis tentang Sakralitas Bahasa Al-Qur’an)”, Jurnal Okara, Vol. 2, No. 7, 2012.
Rohayati, Enok. “Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Taqdir, Vol. 4, No. 2, 2018.
Zaid, Abdul Hafidz. “Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor)”, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 7, No. 2, 2012.

Downloads

Published

2019-11-25