URGENSI AKHLAK HUBUNGAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF SYAIKH NAWAWI
KAJIAN QUR’ANI TENTANG AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.32678/alfath.v15i2.5672Keywords:
Akhlak, interaksi, Syaikh NawawiAbstract
Tulisan ini akan mengungkap kajian akhlak interaksi antara laki-laki dan perempuan dalam hubungan keseharian. Urgensi akhlakul karimah merupakan hal yang sangat berguna dalam mengarahkan dan mewarnai berbagai aktivitas kehidupan manusia di segala bidang. Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju disertai dengan akhlak yang mulia, niscaya ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang ia milikinya itu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebaikan hidup manusia. Akhlakul karimah yang lurus harus berdasarkan nilai-nilai Tauhid. Dalam arti sesuai dengan ketentuan Ilahiyyah yang memberikan tuntunan-tuntunan Akhlak Islami. Oleh karenanya tauhid adalah esensi pengetahuan pokok Islam yang sesuai dengan ketentuan Allah yang memberikan identitas dan mengikat semua unsur Ilahiyah sehingga menjadi utuh. Unsur-unsur itu tidak terlepas dari tauhid sebagai sumbernya.
Downloads
References
Bantani dalam Kitab Nasha>ih al-‘Iba>d, Potensia : Jurnal Kependidikan Islam , Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2019.
Abu Fuad, Penjelasan Kitab Sistem Pergaulan Dalam Islam, Bogor: Pustaka
Thariqul Izzah, 2007.
Encep Safrudin Muhyi, dalam Dinamika Umat, edisi 52/VI/Maret 2007. Fathi Yakan, Sifat dan Sikap Seorang Muslim (terj), Surabaya : Bina Ilmu,
1982, cet. I.
LPMQ Depag RI, Al-Qur’a>n al-Kari>m dan Terjemahnya, Jakarta: Pustaka al-
Hanan, 2009.
Manna>’ al-Qattho>n, Maba>hits fi> ’Ulu>m al-Qur’a>n, tth. : Mansyu>ro>t al-’Ashril
Hadits, tt., cet. III.
Muhammad al-Ghazali, Karakter Muslim (terj), Bandung : Risalah, 1987, cet.
I.
________ , Berdialog dengan Al-Qur’an (terj), Bandung : Mizan, 1996, cet. I. ________ , Muro>qil ‘Ubu>diyyah Syarah Bida>yah al-Hida>yah, Penerj. Zaid
Husein al-Hamid, Surabaya : Mutiara Ilmu, 2010..
________ , Mara>h} Labi>d li Kasyfi Ma‘na al-Qur’an al-Maji>d, Beirut: Da>r al-
Kutu>b al-‘Ilmiah, Juz I, 1997.
________ , Mara>h Labi>d Tafsir al-Nawawi, Surabaya: Kharisma, Vol. 2, tt. ________ , Mara>h Labi>d Tafsir an-Nawawi, jld 2, Semarang : Maktabah
Usaha Keluarga, tth.
________ , Mara>h} Labi>d Tafsir al-Nawawi, Surabaya : Kharisma, tth, Vol.
2.
________ , Mara>h} Labi>d li Kasyfi Ma‘na al-Qur’an al-Maji>d, Beirut: Da>r al-
Kutu>b al-‘Ilmiah, 1997, Juz I.
Mukhtar Luthfie Al-Anshory, dkk., Kontekstualisasi Pemikiran Syaikh awawi al-Bantani tentang Pendidikan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah, el-Hikmah Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, Vol.13, No.1 Juni 2020.
Samsul Munir, Sayyid Ulama Hijaz Biografi Syaikh Nawawi Al-Bantani,
Yogyakarta : Pustaka Pesantren, 2011, cet. II.
Taqi> al-Di>n Al-Nabha>ni>, al-Niz}a>m al-Ijtima>’i> fi> al-Isla>m, Libanon: Da>r al-Ummah, Cet. 4, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Al-Fath: http://jurnal.uinbanten.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Al-Fath agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.