Prinsip dan Etika Komunikasi dalam Islam

Authors

  • Umdatul Hasanah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/alfath.v2i2.3288

Keywords:

Komunikasi

Abstract

Manusia adalah homo simbolicum, ia menggunakan bahasa sebagai wujud interaksi dan menunjukan eksistensi dirinya, yang melingkupi bahasa lisan, tulisan, tubuh. Dalam sejarahnya manusia dalam aktifitas proses komunikasi bukan hanya sekedar interaksi, tapi lebih dari itu memiliki makna dan tujuan. Tujuan-tujuan tersebut di antaranya ; manusia ingin mempengaruhi dan merubah perilaku dan sikap orang lain.

Seorang komunikator muslim dalam melakukan kegiatan komunikasi agar dapat diterima dan berhasil dalam kegiatan komunikasinya maka komunikasi yang dilakukan harus sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika,terutama yang bersumber dari ajaran Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Umdatul Hasanah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2008-10-10

How to Cite

Hasanah, U. (2008). Prinsip dan Etika Komunikasi dalam Islam. Al-Fath, 2(2), 187–193. https://doi.org/10.32678/alfath.v2i2.3288