Bentuk Penyampain Pesan Dakwah dalam Media Massa di Banten

Authors

  • Sholahuddin Al Ayubi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/alfath.v2i1.3264

Keywords:

Kajian Islam

Abstract

Perkembangan media massa pada orde baru, kebebasan pers dikekang oleh pemerintahan Soeharto, media pers pada zaman ini merupakan ancaman keberlangsungan pemerintahnnya. baru pada zamanreformasi kebebasan pers mendapat peluang yang besar, kebebasan persbagaikan pilar keempat dalam demokratisasi masyarakat Indonesia.Untuk itu perkembangan media massa di Banten cukup signifikansetelah lengsernya Soeharto, apalagi dihilangkannya SIUPP bagi mediapers merupakan angin segar, bagi siapa saja dapat mengelola media massa.Media massa di Banten pada kurun waktu 2000-2007, terdapat 31 mediacetak, baik berformat surat kabar, tabloid, dan majalah. Namun ragammedia ini bersifat umum, artinya info-info apa saja dapat diinformasikankepada khalayak, baik dari ekonomi, sosial, budaya, politik, agama, danaktivitas dakwah.Dalam tulsian ini, akan membahas bagaimana media massa (cetak)di Banten dalam rangka menyebarkan dakwah Islam, hal ini media cetak diBanten memiliki rubrik tersendiri dan beragam materi yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sholahuddin Al Ayubi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2008-03-24

How to Cite

Al Ayubi, S. (2008). Bentuk Penyampain Pesan Dakwah dalam Media Massa di Banten. Al-Fath, 2(1), 44–60. https://doi.org/10.32678/alfath.v2i1.3264

Issue

Section

Articles