Relevansi dan Implementasi Sikap Siswa Kelas Bahasa Arab di MTs Al-Mahrusiyah Terhadap Karakteristik Sosial Setiap Individu
DOI:
https://doi.org/10.32678/alittijah.v14i2.7303Keywords:
adolescents, social character, the role of parents and teachersAbstract
Adolescence is a time filled with turmoil that affects his social character. In this case, the social nature of adolescents is classified into two based on their communication patterns. The social characters are introverts and extroverts. This research was conducted to determine the character of class VIII MTs teenagers. Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri City. This type of research is field research that focuses on explaining the data in detail with supporting scientific reasons. The analysis technique used in this research is the descriptive analysis technique. The result of this study is that the ratio between introverted and extroverted characters is more extroverted than the last, so the role of parents and teachers in developing adolescent characters is very much needed in assisting the growth and cultivation of character education.
Downloads
References
Akbar, Ahmad Ario, Aisha Zuleyka, Nuri Cholidah Hanum, Yesi Nila Sari, and Caraka Putra Bhakti. “Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022 Tersedia Online : Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR BAGI SISWA INTROVERTED Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kaliman” 8 (2022).
Andriyani, Ayu. “Mengenal Peran Sosial Remaja Sesuai Dengan Tugas Perkembangan Dalam Pencapaian Identitas Pribadi.” Jurnal Ilmiah Psikologi (2017).
Anwar, Hafri Khaidir, Martunis, and Fajriani. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 4, no. 2 (2019).
Azri, Myatania Siska Putri. “Latar Belakang Pembentukan Kelompok Sosial Mahasiswa Pendatang (Studi Tentang Mahasiswa Pendatang Asrama Karimun Dang Melini Jalan Bangau Sakti, Pekanbaru).” Jurnal online Mahasiswa FISIP 4, no. 2 (2017).
Citra, Adristinindya, Nur Utami, and Santoso Tri Raharjo. “POLA ASUH ORANG TUA DAN KENAKALAN REMAJA” 4, no. 1 (2021).
Diananda, Amita. “Psikologi Remaja Dan Permasalahannya.” Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (2019).
Djuwariyah, Djuwariyah. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Agresivitas Remaja.” Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 7, no. 13 (2002).
Eva, Nur, Alivia Ayu Wardani, Andrawina Sindiari, Gigih Indra Permata, and Rizky Amaliah P Almajid. “Asesmen Anak Dan Remaja : Asesmen Perkembangan Sosial-Emosioonal.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, no. April (2021).
Haidar, Galih, and Nurliana Cipta Apsari. “Pornografi Pada Kalangan Remaja.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7, no. 1 (2020).
Hastutiningtyas, Wahidyanti Rahayu, and Neni Maemunah. “HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN ( ANXIETY ) DENGAN CIRI KEPRIBADIAN ( INTROVERT DAN EKSTROVERT ) PADA REMAJA DI SMP NEGERI 26 KOTA MALANG ( Relationship of Anxiety Levels With Personality Traits ( Introvert And Extrovert ) Characteristics in Adolescents in SMP.” Journal of Nursing Care & Biomolecular 5, no. 1 (2020).
Hully, Muhammad Taqiyuddin, and Mustahiqqurahman. “Perkembangan Jiwa Beragama Pada Anak, Remaja Dan Orang Dewasa.” Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (2021).
Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Edukasi Nonformal 1, no. 2 (2020). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434.
Kepribadian, Perkembangan. “Konstribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap” 01, no. November (2021).
Khusni, Moh. Faishol. “Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2, no. 2 (2018).
Maulidya, Faricha, Mirta Adelina, and Faizal Alif Hidayat. “Periodesasi Perkembangan Dewasa.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2018).
NGALIM, ABDUL. “Peran Orang Tua Dan Guru Berbasis Online Di Rumah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Nurul Iman Berbak.” Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 2 (2022).
Paedagogie, Jurnal. “Teknik Pembalikan Konseling Gestalt Pada Siswa Introvert” 8, no. 2 (2020).
Penelitian, Junral, Artikel Pendidikan, Hani Oktavia Kurnianingsih, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Sebelas, Maret Surakarta, and Kata Kunci. “E d u k a s I” 13, no. 01 (2021).
Pratidina, Putu Ayu Onik, and Adijanti Marheni. “Peran Komunikasi Efektif Orangtua-Remaja Dan Kontrol Diri Terhadap Tingkat Agresivitas Remaja SMA Di Kota Denpasar.” Psikologi Udayana 6, no. 1 (2019).
Riyanti, Chika, and Rudi Saprudin Darwis. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7, no. 3 (2021).
Saputri, Ratih Wahyu, IGAA Noviekayati, and Sahat Saragih. “Konseling Kelompok Untuk Menurunkan Depresi Pada Remaja Introvert Korban Kekerasan Seksual.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 7, no. 1 (2018).
Sardjono, Karya Maria A. “Nilai Moral Dalam Novel Menari Di Atas Awan Artikel Penelitian Oleh :” (2019).
Ulwiyah, Widya Zulfa. “OLEH Widya Zulfa Ulwiyah NIM: 211416005” (2020).
Umroh, Ida Latifatul. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami Di Era Milenial 4.0.” Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644.
“Cinema Theraphy” (2018).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Immaa Iyyaanal Fitriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.