Khazanah Keragaman Komunikasi Dakwah Pada Masyarakat Multi Kultural

Authors

  • Samian Hadisaputra

DOI:

https://doi.org/10.32678/adzikra.v12i1.4908

Keywords:

keragaman, komunikasi dakwah, multikultural

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kehidupan masyarakat dan perkembangan teknologi informasi, fenomena kegiatan dakwah mengalami dinamika yang cukup beragam, terlebih pasca jaman reformasi. Keterpanggilan umat Islam untuk melaksanakan   dakwah  lahir dari berbagai kalangan seperti para Intelektual (cendikiawan) kampus, budayawan, artis, pengusaha ,politisi, bahkan pelawak. Mereka beralasan bahwa kewajiban berdakwah bukan saja dilakukan oleh para ulama, kyai dan ustadz, atau lulusan pesantren saja tapi merekapun berhak melakukan dakwah Islam  walau bukan lulusan pesantren. Perdebatan yang kemudian muncul adalah masalah kompetensi , kefasihan dan pemahaman keilmuan agama ( tafaquh fiddin) dari masing -masing pelaku dakwah. Keragaman materi  dakwah juga menjadi salah satu khazanah yang mewarnai dinamika tersebut, Artikel ini mencoba mendeskripsikan berbagai masalah, fenomena dan dinamika komunikasi dakwah yang sedang berlangsung     dalam kehidupan yang sangat plurlistik dan multi kultural. Sehingga tantangan dan kebutuhan dakwah yang harus dipersiapkan oleh pada mubaligh dapat dipenuhi secara sosiologis, metodologis, akaomodatif dan professional. Tipologi dakwah yang dipaparkan dari mulai model dakwah tradisional, kultural , ortodoksi, sufistik dan politis dll merupakan khazanah dan kekayaan  yang dimiliki umat Islam Indonesia , yang beridiologi Pancasila dengan bhineka tunggal ika.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-30