IMPLEMENTASI PRODUK ASURANSI JIWA SYARI’AH TERHADAP KESTABILAN EKONOMI KELUARGA

  • Siti Maskanah

Lembaga keuangan syari’ah memiliki potensi yang sangat strategis dalam menjembatani kebutuhan modal kerja dan investasi disektor rill dengan pemilik dana. Salah satu produk lembaga keuangan yang mempunyai potensi besar adalah asuransi. Sebagaimana diketahui asuransi syari’ah yaitu pokok dari lembaga keuangan yang notabene adalah lembaga keuangan bukan bank. Dalam perekembangan ekonomi asuransi memberikan andil yang besar, baik dalam pembangunan ekonomi keluarga, masyarakat maupun negara. Dengan demikian kestabilan ekonomi keluarga menjadi faktor utama dalam pencapaian asuransi syariah khususnya, sehingga tidak ada lagi keluarga yang akan mengalami kesenjangan ekonomi diakibatkan dari terjadinya sebuah resiko dalam keluarga.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Dengan memiliki proteksi dalam bentuk asuransi, kehidupan akan menjadi aman dan nyaman karena asuransi memberikan perlindungan dan kepastian saat terjadi musibah yang dapat mengakibatkan kerusakan atau kerugian atas asset, dengan memberikan ganti rugi untuk merekondisi dan mengembalikan aset yang rusak. Asuransi menjaga kestabilan ekonomi keluarga bagi individu dan melancarkan usaha bagi organisasi usaha, yang dengan demikian dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati sehingga meningkatkan prestasi kerja. 2. Dalam implementasinya dari teori yang dipaparkan bahwa investasi merupakan salah satu syarat agar perekonomian dalam sebuah keluarga tetap stabil, dari hasil penelitian bahwa asuransi bumiputera memiliki produk yang menunjang untuk berinvestasi di antaranya adalah Asuransi sakinah.3. produk asuransi jiwa diminati oleh kalangan masyarakat baik masyarakat yang berpenghasilan minim maupun yang berpenghasilan tinggi karena jenis asuransi ini memiliki daya tarik dan tingkat kenyamanan kepada pemegang polis, terdapat dua jenis produk yang diminati oleh pemegang polis di antaranya Asuransi jiwa Syari’ah Mitra Iqra’ Plus dan Asuransi Jiwa Mitra Mabrur Plus

Published
Jan 16, 2017
How to Cite
MASKANAH, Siti. IMPLEMENTASI PRODUK ASURANSI JIWA SYARI’AH TERHADAP KESTABILAN EKONOMI KELUARGA. Tsarwah, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 111-128, jan. 2017. ISSN 2541-7150. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsarwah/article/view/141>. Date accessed: 26 nov. 2020.
Abstract view
410 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
1428 times