PERENCANAAN DAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN

  • Nana Suryapermana Pascasarjana IAIN SMH Banten

Perencanaan adalah menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Newman menerangkan bahwa perencanaan adalah menentukan apa yang akan dilakukan. Perencanaan mengandung rangkaian-rangkaian putusan yang luas dan penjelasan-penjelasan dari tujujan, penentuan kebijakan, penentuan program, penentuan metode, dan prosedur tertentu dan penentuan kegiatan berdasarkan jadwal sehari-hari.
Sementera itu, Terry memberikan pengertian perencanaan, yang didengar Majid, mengungkapkan, bahwa perencanaan adalah menetapkan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digarikan. Perencanaan mencakup kegiatan pengambilan keputusan. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengadakan visualisasi dan melihat ke depan guna merumuskan suatu pola tindakan untuk masa mendatang. Untuk sementara biarkan pengertian perencanaan berlalu dari benak kita. Marin kita tengok dan tatap sepntas tentang pengertian pembelajaran. Walu pada lembaran terdahulu telah tertulis lengkap. Hal ini dilakukan untuk memadukan antar perencanaan dan pembelajaran, yang mungkin mengdung pengertian dan makna yang lain, namun secara kodrati tentunya tak begitu jauh dari nafas perbedaan. Yang dimaksud dengan pembelajaran, Sumantri berceloteh yang kemudian ditanggapi Majid (2011; 80) bahwa pembelajaran adalah sebagai suatu proses yang dilakukan oleh paa guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar.

Published
Jan 16, 2017
How to Cite
SURYAPERMANA, Nana. PERENCANAAN DAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN. Tsarwah, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 29-44, jan. 2017. ISSN 2541-7150. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsarwah/article/view/136>. Date accessed: 26 nov. 2020.
Abstract view
1034 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
3384 times