Action Research Sebagai Strategi Pengembangan Profesi Guru

  • M Rifki Rijal IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas atau sekolah belakangan menjadi isu sentral dalam berbagai seminar,workshop atau pelatihan. Beberapa pendekatan dilakukan secara terus menerus dan kritis untuk tujuan tersebut. Diantaranya dengan pendekatan penelitian tindakan atau Action Research. Model penelitian ini lebih mengedepankan proses untuk perbaikan dan peningkatan hasil (result) yang secara langsung dapat dirasakan balk oleh guru, siswa maupun sekolah. Dengan pendekatan self-reflective inquiry yang dilakukan dalam siklus melalui tahapan ; planning, action, observation dan reflextion, basil penelitian dapat dirasa secara langsung dan proses pembelajaran dapat dikritisi untuk diperbaiki. Makalah ini akan mengajak para pembaca untuk share dan mendalami model pendekatan penelitian ini dengan harapan dapat di praktikkan dalam kegiatan pembelajaran kita menuju profesionalisme kerja.
Kata Kunci : Action Research, Strategi, Profesi Guru.

Published
Jun 28, 2009
How to Cite
RIJAL, M Rifki. Action Research Sebagai Strategi Pengembangan Profesi Guru. Tsaqofah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 100-111, june 2009. ISSN 2622-7657. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/3483>. Date accessed: 27 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tsaqofah.v7i1.3483.
Section
Articles
Abstract view
240 times
pdf download
164 times