Kesenian Wayang Garing Di Banten

  • bahrudin bahrudin

Pada umumnya tiap-tiap daerah mempunyai berbagai jenis kesenian yang kesemuanya memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan kultur setempat dan letak geografis serta kehidupan sosial masyarakatnya. Begitu pula dengan  Kabupaten Serang povinsi Banten. Daerah ini mempunyai berbagai jenis dan bentuk seni pertunjukan tradisional. Salah satunya adalah kesenian Wayang Garing. Kesenian ini dinilai oleh masyarakat mengandung nilai-nilai Islam.


Kesenian Wayang Garing diciptakan oleh Ki Kajali seorang dalang yang setia menjaga warisan tradisi meskipun  dalam keterbatasan.  Disebut Wayang Garing  karena dalam pementasannya wayang ini tidak menggunakan elemen-elemen yang umumnya digunakan dalam pagelaran wayang kulit, seperti instrument gamelan, nayaga dan sinden sebagai pengiringnya. Oleh karena itu seorang dalang dalam pertunjukan Wayang Garing berperan sebagai sinden dan nayaga, serta sumber suara dari semua pertunjukkan.


Kata kunci : wayang, garing, Banten

Published
Jun 28, 2015
How to Cite
BAHRUDIN, bahrudin. Kesenian Wayang Garing Di Banten. Tsaqofah, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 99-114, june 2015. ISSN 2622-7657. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/3406>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tsaqofah.v13i1.3406.
Section
Articles
Abstract view
225 times
PDF download
235 times