Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Perjuangan K.H. Sjam’un (Studi Di Sma Al-Khaeriyah Cilegon)

  • rahayu permana

         Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kejadian-kejadian yang tidak diharapkan oleh generasi terjadi, seperti, tawuran dan amuk masa, masalah KKN, penyimpangan perilaku, kecurangan dalam proses pendidikan, pemalsuan-pemalsuan ijazah dan sertifikat, dan semacamnya.  Pembelajaran sejarah belum dapat dijadikan untuk penanaman nilai-nilai budaya bangsa. Perjuangan K.H. Sjam’un dalam implementasi pembelajaran sejarah yang syarat dengan nilai- nilai karakter  memunculkan pertanyaan:  Bagaimana implementasi pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un di sekolah menengah atas?.


Penelitian ini  dilakukan  melalui pendekatan kualitatif, dengan paradigma naturalistik inquiry. Penelitian bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un. Pengumpulan data purposive sampling dan snowball, dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam proses kerjanya data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.


 Temuan penelitian ini di antaranya: 1) implementasi pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un di tiga sekolah SMA Al-Khaeriyah Cilegon sangat variatif dan  tergantung dari kondisi guru dalam penguasaan materi dan penyampaiannya di kelas. 2) Hasil-hasil yang diperoleh dalam implementasi sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un, siswa lebih paham tentang materi perjuangan K.H. Sjam’un serta mengetahui tentang nilai kesederhanaan, kejujuran, keberanian dan kegigihan  dalam perjuangan K.H. Sjam’un. 3) Solusi untuk menghadapi kesulitan dalam implementasi pembelajaran sejarah diperlukan pengkajian dan latihan penguasaan model-model pembelajaran bagi para guru sejarah.


 


Kata kunci :  Pendidikan nilai, nilai perjuangan K.H. Sjam’un, pembelajaran Sejarah.


 

Published
Jun 28, 2015
How to Cite
PERMANA, rahayu. Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Perjuangan K.H. Sjam’un (Studi Di Sma Al-Khaeriyah Cilegon). Tsaqofah, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 44-65, june 2015. ISSN 2622-7657. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/3399>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tsaqofah.v13i1.3399.
Section
Articles
Abstract view
145 times
PDF download
66 times