Sejarah Sosial Politik Bangsa Arab Jahiliyah

  • Nurhamim hamim

Kajian Syair dan peranannya terhadap sosial, budaya dan politik bangsa Arab Jahiliyah merupakan kajian indah yang akan mengungkap fakta sejarah tentang peperangan demi peperangan yang ada di masa Arab Jahiliyah secara mendalam dengan kaca mata sosial budaya. Dalam hal ini Arab Jahiliyah yang dimaksud adalah periode sejarah bangsa Arab sebelum datangnya agama Islam yang dibawa oleh nabi Muhammad.saw. Istilah Jahiliyah itu sendiri muncul setelah agama Islam datang, sebagaimana ungkapan yang disampaikan oleh Umar ibn Khathab ra.  "إنّى نذرت فى الجاهلية أن أعتكف" , “ aku bernazar pada saat Jahiliyah untuk melaksanakan I’tikaf ” .[1] Untuk memahami budaya dan politik perang masyarakat Arab di era Jahiliyah maka dibutuhkan pemahaman teks-teks bahasa Arab kuno yang telah tercatat dalam syair-syairnya. Karena dari syair inilah kita akan melihat bagaimana sejarah Arab dimasa lalu, dan kita dapat menafsirkan realita sejarah yang terjadi sehingga kita bisa menilai peranan syair itu sendiri terhadap sejarah. Sebelum mengurai peran syair dalam budaya dan politik perang Arab Jahiliyah, penulis dalam hal ini lebih khusus akan mengkaji kondisi sosiologis, sistem politik, dan perang sebagai salah satu bentuk sistem politik yang ada dalam budaya bangsa Arab jahiliyah.


 


[1] Ibrahim Âli Abu al-Khasab dan Ahmad Abd al-Mun’im al-Baha, Buhûts fi al-Adab al-Jâhili, al-Bayân al-‘Arabi, 1961, cet: 1, h: 12

Published
Dec 28, 2016
How to Cite
HAMIM, Nurhamim. Sejarah Sosial Politik Bangsa Arab Jahiliyah. Tsaqofah, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 93-117, dec. 2016. ISSN 2622-7657. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/3387>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tsaqofah.v14i2.3387.
Abstract view
1025 times
pdf download
1179 times