PERSPEKTIF ISLAM TENTANG PENGARUH KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

  • Zahrotun Naqiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Itang Itang UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dedi Sunardi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya permintaan terhadap smartphone. Dalam menggunakan internet, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan smartphone untuk mengaksesnya, karena dinilai lebih praktis untuk bisa dibawa kemana-mana. Hal ini yang menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan terhadap permintaan smartphone dan mendorong produsen untuk berlomba-lomba dalam menawarkannya. Maka dari itu, masyarakat harus lebih pintar dalam memilih smartphone yang hendak dibelinya, dan bijak saat menggunakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Sampel yang digunakan sebanyak 77 konsumen dimana pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisa yang adalah regresi berganda, dengan perangkat uji statistik yaitu validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil uji t, terdapat variabel kepribadian memiliki nilai thitung (4,357) > ttabel (1,992), variabel gaya hidup memiliki nilai thitung (4.221) > ttabel (1,992). Hasil uji f menunjukkan nilai fhitung sebesar (49,637) > ftabel (3,12). Maka dapat disimpulkan kepribadian dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang simultan terhadap perilaku konsumen. Menurut perspektif Islam Mahasiswa/i FEBI memiliki kepribadian sebagai Insan sejati (al-mukminun), menjalankan gaya hidup secara Islami, dan mempunyai perilaku konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam

Published
Dec 11, 2019
How to Cite
NAQIAH, Zahrotun; ITANG, Itang; SUNARDI, Dedi. PERSPEKTIF ISLAM TENTANG PENGARUH KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. Tazkiya, [S.l.], v. 20, n. 02, p. 181 - 194, dec. 2019. ISSN 1411-7886. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/2371>. Date accessed: 26 nov. 2020.
Abstract view
98 times
FULL PDF download
267 times