PENILAIAN OTENTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA KEDUA

  • ANITA ANITA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penilaian otentik atau authentic assessment adalah penilaian yang tidak hanya menguji satu aspek keahlian, dalam hal ini keahlian bahasa, tetapi juga seluruh aspek kemampuan pelajar bahasa, prestasi, motivasi serta sikap dalam melakukan kegiatan di kelas.Penilaian ini dikontradiksikan dengan penilaian yang menggunakan standar tes berbasis norma, pilihan ganda, benar–salah, menjodohkan, atau membuat jawaban singkat. Penilaian ini memfokuskan pemahaman pelajar akan tugas yang diberikan dengan membangun keterlibatan pelajar dalam proses penilaian sehingga kemampuan pelajar yang sesungguhnya dapat diketahui. Dengan demikian pengajar dapat mengidentifikasi materi apa yang sudah layak dilanjutkan dan untuk materi apa kegiatan remedial harus dilakukan.

Published
Jan 31, 2017
How to Cite
ANITA, ANITA. PENILAIAN OTENTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA KEDUA. Tazkiya, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 109-128, jan. 2017. ISSN 1411-7886. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/211>. Date accessed: 18 oct. 2021.
Abstract view
382 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
655 times