KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI JAKARTA SELATAN

  • Moh. Rahmad Madrasah Tsnawiyah Negeri Jakarta

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Tingkat supervisi kepala madrasah, 2) Tingkat kinerja guru; 3) Kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru. Metode penelitian adalah survei menggunakan analisis korelasional. Total populasi 343 guru.Instrumen penelitian menggunakan angket. Metode pengambilan sampel dengan simple random sampling dan quota sampling. Sampel ditetapkan 70 orang. Hasil penelitian: 1) Tingkat supervisi kepala sekolah sedang; 2) Tingkat kompetensi guru sedang; 3) Terdapat kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kompetennsi guru. Kompetensi Guru dapat meningkat apabila Supervisi Kepala Sekolah ditingkatkan.

Published
Jan 4, 2017
How to Cite
RAHMAD, Moh.. KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI JAKARTA SELATAN. Tanzhim, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 96-107, jan. 2017. ISSN 2549-1881. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/46>. Date accessed: 06 dec. 2020.
Abstract view
2422 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
498 times