PEMAHAMAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

  • Rusmayati Rusmayati SMP Negeri 41 Bandung

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) Pemahaman Kepala Sekolah tentang peran dan tugasnya dalam kontek manajemen berbasis sekolah; (2) Upaya dan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan; 3) Keberhasilan pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 3, 14 dan 23 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Responden penelitian kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian mendapati: 1) Kepala Sekolah telah memahami manajemen berbasis sekolah dengan baik. 2) Upaya dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi: pembinaan profesional guru, aktivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran, pembentukan kelompok diskusi terbimbing, pengadaan buku pustaka. 3) Keberhasilan pembinaan kepala sekolah terlihat pada: rata-rata kualifikasi guru sarjana, sarana dan fasilitas belajar lengkap, motivasi guru dan komitmen guru dalam mengajar tinggi, suasana kerja dan kekompakan antara guru, disiplin siswa tinggi, kegemaran belajar dan semangat siswa tinggi, kelancaran kepala sekolah dalam mengelola sekolah. Mutu kepala sekolah dapat ditingkatkan dengan menambah wawasan melalui studi banding ke sekolah yang lebih baik. Dan melalui pembinaan serta pengawasan dari pengawas pendidikan.

Published
Jan 4, 2017
How to Cite
RUSMAYATI, Rusmayati. PEMAHAMAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Tanzhim, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 74-85, jan. 2017. ISSN 2549-1881. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/44>. Date accessed: 06 dec. 2020.
Abstract view
1913 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
726 times