KEPEMIMPINAN, KINERJA DOSEN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI

  • Yusran Razak Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Darwyan Syah Insitut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Abd. Aziz Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Perguruan tinggi sebagai pusat pengambanga ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai dengan fungsinya berkewajiban meningkatkan perannya yang bergitu strategis dalam mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tridarmanya. Tiga tugas utama dari perguruan tinggi yang dirumuskan dalam tri dharma perguruan tinggi, yaitu dharma: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan yang melaksanakan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi, yaitu jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah. Dalam UU nomor 20 tahun 2003 pendidikan tinggi mencakup program diploma, sarjana, magister, spesialis dan doktor yang diselenggakan oleh perguruan tinggi. Pendidikan tinggi diselenggakan dengan sistem terbuka (bab VI pasal 19), artinya dapat dimasuki oleh setiap warga negara Indonesia (bahkan warga negara lain) asal memenuhi syarat yang ditentukan, baik syarat akademik, kepribadian dan administratif.

Published
Jan 4, 2017
How to Cite
RAZAK, Yusran; SYAH, Darwyan; AZIZ, Abd.. KEPEMIMPINAN, KINERJA DOSEN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI. Tanzhim, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 30-44, jan. 2017. ISSN 2549-1881. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/41>. Date accessed: 30 nov. 2020.
Abstract view
106 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
2212 times