KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, KEMAMPUAN KERJA GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI JAKARTA SELATAN

  • Eddy Supriadi Universitas Surapati Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala madrasah, kemampuan kerja guru dan iklim organisasi, terhadap prestasi belajar siswa di madrasah. Penelitian dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Teori yang melandasi penelitian adalah: teori kepemimpinan kharismatik, teori belajar, teori kinerja madrasah, dan teori prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, dengan responden sebanyak 160 orang yang dipilih menggunakan teknik random sampling atau acak sederhana. Instrumen untuk menjaring data prestasi belajar siswa, kepemimpinan kepala madrasah, Kemampuan kerja guru dan iklim organisasi menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner divalidasi dengan menggunakan analisis butir Korelasi Pearson dan reliabilitas total butir menggunakan koefisien alpha (Alpha Cronbach). Analisis data menggunakan korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi jamak, teknik regresi parsial dan regresi jamak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa, dan peningkatan kepemimpinan kepala madrasah diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kemampuan kerja guru terhadap prestasi belajar siswa, peningkatan kemampuan kerja guru diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. (3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Iklim organisasi terhadap prestasi belajar siswa, peningkatan iklim organisasi diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. (4) terdapat kontribusi positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan kerja guru dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, peningkatan kepemimpinan kepala madrasah, kemampuan kerja dan iklim organisasi diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Kepemimpinan kepala madrasah, kemampuan kerja guru dan iklim organisasi mempunyai kontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah dapat dilakukan dengan meningkatkan ketiga variabel tersebut, yaitu kepemimpinan kepala madrasah, kemampuan kerja guru, dan iklim organisasi sehingga pencapaian prestasi belajar siswa akan tercapai dengan baik pula

Published
Jan 4, 2017
How to Cite
SUPRIADI, Eddy. KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, KEMAMPUAN KERJA GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI JAKARTA SELATAN. Tanzhim, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 1-18, jan. 2017. ISSN 2549-1881. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/39>. Date accessed: 06 dec. 2020.
Abstract view
3897 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
372 times