MANAJEMEN PEMBINAAN PROFESI DALAM PENGINGKATAN KINERJA GURU

Studi di Madrasah Tsanawiyah DKI Jakarta

  • Abd. Aziz Hasibuan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan penelitian terhadap faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, langkah pengolahan data yang digunakan adalah member check dan display data. Setelah dilakukan penelitian terlihat bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembinaan profesi yang dijalankan oleh kepala sekolah berjalan sesuai dengan tujuan dan terencana dengan melibatkan berbagai pihak, terbentuknya team work. Kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan pelaksanaan manajemen sekolah adalah upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah, banyak upaya nyata yang dilakukan kepala sekolah sehingga guru menjaga dan meningkatkan kinerjanya. Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan profesi guru terjadi banyak kendala dan pendukung kegiatan tersebut, kendala tersebut lebih terlihat pada kendala teknis dalam pelaksanaan pembinaan, faktor pendukung yaitu kebijakan dan sarana serta prasarana yang memadai, serta antusiasme warga sekolah yang tinggi dalam kegiatan pembinaan profesi guru.

Published
Jan 3, 2017
How to Cite
HASIBUAN, Abd. Aziz. MANAJEMEN PEMBINAAN PROFESI DALAM PENGINGKATAN KINERJA GURU. Tanzhim, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 122-137, jan. 2017. ISSN 2549-1881. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/38>. Date accessed: 25 jan. 2021.
Abstract view
5814 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
1278 times