Hubungan Kemampuan Membaca Buku Teks dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

  • Diana Fitriah Sekolah Dasar Negeri Kupahandap

Penelitian ini berujuan: 1) Mendeskripsikan tingkat kemampuan mmebaca buku teks; 2) Mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir; 3) Mendeskripsikan tingkat hasil belajar; 4) Menanalisis hubungan kemampuan membaca buku teks dengan hasil belajar PAI; 5) Menganalisis hubungan keteampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa; dan 6) Menganalisis hubungan kemampuan membaca buku teks dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian di lakukan pada siswa kelas VII MP Negeri Cimanuk Pandeglang. Metodde penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan regresi dan korelasi. Sampel penelitian 52 orang ditetapkan dengan menggunakan rumus slovin.Instrumen penelitian kemampuan membaca buku teks dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Instrumen keterampilan berpikir kritis menggunakan angket. Hasil penelitian: Pertama, tingkat kemampuan membaca adalah baik, mencapai 73,61%. Kedua, tingkat keterampilan berpikir kritis siswa adalah tinggi, mencapai 67,77%. Ketiga, tingkat hasil belajar adalah tinggi dan memuaskan, mencapai 73,55%. Keempat, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca buku teks dengan hasil belajar mata pelajaran PAI. Kelima, terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar mata pelajaran PAI. Keenam, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca buku teks dan keterampilan berpikir kritis secara bersama-sama dengan hasil pelajaran PAI.

Published
Jun 27, 2017
How to Cite
FITRIAH, Diana. Hubungan Kemampuan Membaca Buku Teks dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 91-110, june 2017. ISSN 1978-8169. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/523>. Date accessed: 30 nov. 2020.
Section
Articles
Abstract view
123 times
PDF download
607 times