Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa

  • Mardiah Kalsum Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa di sekolah, peningkatan prestasi atau hasil belajar siswa menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian dilakukan terhadap guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan, untuk kebutuhan penelitian alat pengumpulan data menggunakan angket, data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi, dari penelitian ini didapati bahwa metode pembelajaran dan hasil belajar siswa berada dikategori medium, serta terhadap hubungan yang kuat antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan adanya penggunaan metode pembelajarna yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah.

Published
Mar 27, 2018
How to Cite
NASUTION, Mardiah Kalsum. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 9 - 16, mar. 2018. ISSN 1978-8169. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515>. Date accessed: 29 nov. 2020.
Section
Articles
Abstract view
3154 times
PDF download
8153 times