Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru

  • Nana Surya Permana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi dan sertifikasi guru dalam upaya peningkatan mutu tenaga pendidik (guru) di sekolah. Adanya kompetensi dan sertifikasi yang baik bagi seorang guru akan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi sebagai alat analisis data, serta menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Penelitian ini mendapati bahwa kompetensi dan sertifikasi guru memiliki hubungan yang tinggi terhadap peningkatan mutu tenaga pendidik (guru) di sekolah. Seorang guru yang memiliki mutu yang baik menunjukkan memiliki kompetensi dan sertifikasi sebagai sebagai seorang tenaga pendidik. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu seorang guru membutuhkan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas diri guru salah satunya dengan meningkatkan kualitas kompetensi dan sertifikasi guru.

Published
Jun 27, 2017
How to Cite
PERMANA, Nana Surya. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 1 - 8, june 2017. ISSN 1978-8169. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/513>. Date accessed: 30 nov. 2020.
Section
Articles
Abstract view
167 times
PDF download
1317 times