PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM BERASURANSI SYARIAH (STUDI PADA DESA KABANDUNGAN KABUPATEN SUKABUMI)

  • Hanafi Hanafi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Lusiana Ayu Agustina UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Di Indonesia perusahaan asuransi syariah semakin berkembang, mulai dari banyaknya perusahaan yang tersebar di suatu daerah bahkan memiliki masing-masing cabang sehingga masyarakat seharusnya tidak merasa asing dengan kata asuransi syariah. Perusahaan perusahaan saat ini mulai mengembangkan produknya dalam berbagai bidang, besarnya jumlah penduduk muslim ditanah air dinilai sebagai pasar yang sangat potensial bagi pertumbuhan asuransi syariah.  Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Menganalisa dan menjelaskan pengaruh hubungan antara variabel pendapatan terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah. 2). Menguji dan menggambarkan keterkaitan hubungan antara variabel pengetahuan produk terhdap minat masyarakat dalam berasuransi syariah. 3). Mengilustrasikan hubungan antara variabel promosi terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah. 4). Menggambarkan dan menganalisis hubungan variabel pendapatan, pengetahuan produk dan promosi terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan asosiatif, karena adanya variabel-variabel yang akan ditelaah hubungannya serta tujuan untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara variabel yang akan diteliti, pendapatan, pengetahuan produk, dan promosi terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah.   Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda di mana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pengetahuan produk dan promosi terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas serta menggunakan uji t, uji F dan uji koefesien determinasi. Kesimpulannya pengujian hipotesis pendapatan diketahui nilai thitung < ttabel (0,861 < 1,661) dengan demikian maka tidak terdapat pengaruh secara parsial antara pendapatan terhadap minat masyarakat. Sedangkan untuk pengujian hipotesis pengetahuan produk diperoleh nilai thitung > ttabel (4,774 > 1,661) yang artinya terdapat pengaruh positif secara parsial antara pengetahuan produk terhadap minat masyarakat. Serta dari pengujian hipotesis promosi diketahui nilai thitung> ttabel (1,886 > 1,661) yang artinya terdapat pengaruh positif secara parsial terhadap minat masyarakat. Setelah dilakukan analisis secara statistic diketahui bahwa persamaan regresi berganda Y = 6,835 + 0,057X1 + 0,466X2 + 0,154X3 + e. Nilai R-Square sebesar 0,362 atau 36,2% yang artinya pengaruh dari pendapatan, pengetahuan produk dan promosi berpengaruh rendah atau lemah terhadap minat masyarakat dalam berasuransi syariah. Dan 63.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
Jun 29, 2021
How to Cite
HANAFI, Hanafi; AGUSTINA, Lusiana Ayu. PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM BERASURANSI SYARIAH (STUDI PADA DESA KABANDUNGAN KABUPATEN SUKABUMI). Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 11 - 24, june 2021. ISSN 2723-6897. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/si/article/view/4742>. Date accessed: 27 nov. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/sijas.v7i1.4742.
Section
Articles
Abstract view
440 times
pdf download
422 times