PENGEMBANGAN KECERDESAN SPRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PRA SEKOLAH

  • Anis Fauzi
  • Ihat Subihat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep pengembangan kecerdasan Spiritual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak pra sekolah usia 4-6 tahun di TK Al-Azhar 10 dan TK Al-Izzah Kota Serang. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus dengan cara menguraikan, menggambarkan dan menelaah suatu kasus secara mendalam terhadap pengembangkan kecerdasan spiritual anak usia 4-6 tahun dalam pembelajaran PAI di TK Al-Azhar dan TK IT Al-Izzah Kota Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran PAI pada anak pra sekolah di TK Al-Azhar 10 dan TK Al-Izzah Kota Serang dengan membiasakan anak untuk berdoa dengan tertib ketika memulai dan selesai pelajaran serta pada waktu makan bersama,membiasakan anak untuk bertingkah laku dan tutur kata yang baik, membiasakan anak berdoa, mengajarkan anak untuk lebih dekat kepada penciptanya, mengajarkan anak untuk tolong menolong terhadap sesama, mengajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih, mengajarkan anak mengucapkan permisi ketika pamit, mengajarkan anak untuk memiliki rasa hormat, mengajarkan anak untuk tidak berkata kasar, serta membiasakan anak menerima sesuatu dengan tangan kanan.

Published
Jan 9, 2017
How to Cite
FAUZI, Anis; SUBIHAT, Ihat. PENGEMBANGAN KECERDESAN SPRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PRA SEKOLAH. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 43-62, jan. 2017. ISSN 2407-053X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/91>. Date accessed: 19 nov. 2019.