MEMPERSIAPKAN MAHASISWA CALON GURU GENERASI DIGITAL NATIVE DENGAN TEKNOLOGI

  • Jamridafrizal Jamridafrizal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Kemajuan teknologi abad 21 telah memberikan dampak luar biasa pada dunia pendidikan, demikian pula halnya terhadap Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan yang mempersiapkan alumninya untuk menjadi guru yang sesuai dengan zamannya. Dengan mendiskripsikan konsep mengenai fenomena yang sedang berkembang tentang mahasiwa calon guru kaitannya dengan generasi digital native berbasis sumber informasi online,tulisan ini dimaksudkan mengusulkan sebuah model pengembangan skill untuk generasi digital untuk mahasiswa calon guru. Dirancang dengan menggunakan model ADDIE diharapakan pengembangan pengetahuan konten pedagogik teknologi (TPACK) mahasiswa calon guru dapat berjalan melalui kemitraan dosen dan guru kelas ditempat mereka melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan serta menjadi sebuah gagasan penting untuk mahasiswa calon guru kedepannya.


Kata kunci: Mahasiwa Calon Guru; Digital Native, dan Teknologi Pendidikan

Published
Dec 12, 2018
How to Cite
JAMRIDAFRIZAL, Jamridafrizal. MEMPERSIAPKAN MAHASISWA CALON GURU GENERASI DIGITAL NATIVE DENGAN TEKNOLOGI. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 151-180, dec. 2018. ISSN 2407-053X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1205>. Date accessed: 25 apr. 2019.