PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Nadrotul Muhibah SDN Sindang Asih I Kabupaten Tangerang
  • Khaeroni Khaeroni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurohman UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode SAS yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, selain itu untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam II Siklus. Tempat dan Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas I A SDN Sindang Asih I Kabupaten Tangerang dengan jumlah 27 siswa yang terdiri atas 16 perempuan dan 11 laki-laki. Sumber data pokok yang dipakai adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode SAS mempuyai langkah operasional dengan urutan struktural ialah menampilkan secara keseluruhan, analitik ialah proses penguraian dan sintetik ialah proses penggabungan kembali ke struktural semula. Selain itu pada kegiatan tes kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS Siswa dinyatakan meningkat dimana pada Siklus II memperoleh persentase ketuntasan 89%, sedangkan persentase tidak tuntas hanya 11% ini menunjukan bahwa pada tes kemampuan membaca permulaan dinyatakan berhasil. Hal ini menjadikan peningkatan atau perbandingan pada kemampuan membaca permulaan dari Siklus I memperoleh nilai persentase ketuntasan 63% meningkat pada Siklus II menjadi 89% menunjukan bahwa penelitian berhasil.

Published
Jun 30, 2020
How to Cite
MUHIBAH, Nadrotul; KHAERONI, Khaeroni; FARHUROHMAN, Oman. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 13-26, june 2020. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2707>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v12i01.2707.
Section
Articles
Abstract view
518 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
133 times