PENGARUH PENGUNAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Handun Handun UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Habudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wida Rachmiati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar dan menganalisis kemampauan literasi matematika siswa sekolah dasar dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Tenjo 01 Kec. Tenjo Kab. Bogor. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi atau objek penelitiannya adalah seluruh SDN Tenjo yang berakreditasi B, dalam penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Tenjo 01 Kec. Tenjo Kab. Bogor. Semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, ujinormalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil olahan data adalah thitung = 7,81 > t tabel = 1.697 dengan α= 0.05, hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistic terhadap kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar.


Kata kunci : Kemampuan literasi matematika, Matematika, Pengaruh

Published
Jun 30, 2020
How to Cite
HANDUN, Handun; HABUDIN, Habudin; RACHMIATI, Wida. PENGARUH PENGUNAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 12, n. 01, p. 67-76, june 2020. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2635>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v12i01.2635.
Section
Articles