PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Mufarihah Mufarihah MI Al-Khairiyah Badamussalam, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Akrom Akrom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan memperoleh rata-rata nilai posttest 62, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai post-test 51,72. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung ˃ ttabel, thitung = 2,601 dan ttabel = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe kartu arisan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Published
Jun 30, 2020
How to Cite
MUFARIHAH, Mufarihah; AKROM, Akrom. PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 77-88, june 2020. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2598>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v12i01.2598.
Section
Articles
Abstract view
74 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
55 times