KESIAPSIAGAAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PSIKOLOGIS SISWA AKIBAT BENCANA ALAM

  • siti sarah STKIP Singkawang
  • fajar wulandari STKIP Singkawang

Abstract

Kesiapsiagaan merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi
datangnya bencana alam. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan
menganalisis kesiapsiagaan guru dalam implementasi psikologis siswa SDN/MI
Nurussibyan Singkawang akibat bencana alam. Artikel ini merupakan hasil analisis
dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan.Teknik
analisis yang digunakan adalah studi literatur atau literature review, studi literatur
merupakan upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau
sumber-sumber yang berkaitan dengan topik penelitian. Dari hasil analisis yang
dilakukan, hasil yang didapat menunjukkan bahwa strategi kesiapsiagaan guru
memegang peran penting dalam implementasi pskologis siswa akibat bencana alam.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa psikologis siswa akibat bencana alam dapat
dilakukan dengan upaya kesiapsisagaan guru dalam implementassikan psikologis
siswa dari aspek psikologis kognitif, afektif dan psikomotorik siswa sekolah dasar.

Published
Jun 8, 2019
How to Cite
SARAH, siti; WULANDARI, fajar. KESIAPSIAGAAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PSIKOLOGIS SISWA AKIBAT BENCANA ALAM. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 85 - 92, june 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2423>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v11i01.2423.
Section
Articles