PEMANFAATAN DONGENG DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA

  • sufitri sufitri PGSD STKIP Singkawang
  • Rini Setyowati PGSD STKIP Singkawang

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk menginternalisasikan nilai-nilai
yang ditekankan pada etika-spiritual yang tercermin dalam sikap sehari-hari. Internet
telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar siswa. Karena arus informasi pada
internet hampir tidak bisa dikendalikan, maka moral kaum mudalah yang menjadi
taruhannya. Untuk mengatasi dampak internet terhadap anak-anak sekolah dasar,
guru dapat berlatih mendongeng untuk menciptakan situasi mengajar nyata dalam
mempromosikan karakter yang baik, pembentukan nilai moral akan sangat efektif jika
ditanamkan pada anak usia dini yakni pada siswa SD kelas rendah. Melalui kegiatan
mendongeng, anak dapat mempelajari berbagai karakter dari cerita rakyat dan
menciptakan karakter dalam cerita / dongeng sebagai model peran. Dongeng sebagai
media penanaman karakter pada siswa SD kelas rendah. Dongeng merupakan cerita
yang tidak benar-benar terjadi. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian literature
review. Hasil dari penelitian ini didapat dongeng sebagai media dalam penerapan
karakter sangatlah efektif untuk diterapkkan kepada anak sekolah dasar dan perlunya
pembiasaan serta contoh yang baik untuk menumbuhkan karakter dari anak.

Published
Jun 8, 2019
How to Cite
SUFITRI, sufitri; SETYOWATI, Rini. PEMANFAATAN DONGENG DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 77 - 84, june 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2421>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v11i01.2421.
Section
Articles