POTRET PELAKSANAN PPLK BAGI MAHASISWA CALON GURU MI DI FTK UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN

  • Imas Mastoah UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara umum tentang pengetahuan dan pemahaman  mahasiswa PPLK sebagai calon guru MI, dan mengetahui kendala-kendala pelaksanaan PPLK. Penelitian dilaksanakan  di Sekolah Dasar 13 Kota Serang, MIS Islamiah Ciwaru, dan MIN 2 Kabupaten Serang dengan melibatkan mahasiswa praktikan calon guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), Guru pamong, Kepala sekolah dan Dosen pembimbing lapangan. Proses pengambilan data menggunakan metode  observasi dan wawancara saat kegiatan pelaksanaan PPLK berlangsung,  wawancara dengan pihak kepala sekolah, guru pamong, mahasiswa praktikan, dan penyebaran angket oleh peneliti sendiri. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  pelaksanaan PPLK sudah berjalan dengan baik namun masih membutuhkan perbaikan hal ini dikarenakan masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan kendala PPLK dikarenakan (1) kurangnya kesiapan dan keseriusan  mahasiswa praktikan mengikuti PPLK,(2)anggapan guru pamong bahwa mahasiwa PPLK bertugas sebagai guru pengganti tanpa ada arahan dan bimbingan (3) bimbingan dan arahan guru pamong terhadap mahasiswa praktikan selama PPLK berlangsung. (4) kurangnya pengetahuan dan pemahaman mahasiswa praktikan terhadap pelaksanaan PPLK


 


 

Published
Dec 30, 2019
How to Cite
MASTOAH, Imas. POTRET PELAKSANAN PPLK BAGI MAHASISWA CALON GURU MI DI FTK UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 177 - 184, dec. 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2339>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v11i02.2339.