KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD

  • Citra Utami Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
  • Rien Anitra PGSD STKIP Singkawang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal pada mata kuliah matematika SD. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik analisis data: memberi nilai, pengelompokan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA atas dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan,                  2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA tengah dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan dan kurang teliti dalam melakukan prosedur atau operasi, dan 3) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA bawah yaitu telah memahami konsep namun kurang bisa mengkomunikasikan pendapatnya melalui kalimat sendiri,  kurang bisa dalam menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kurang bisa mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan. Secara garis besar dapat disimpulkan, jika kemampuan awal matematika baik maka kemampuan pemahaman konsep matematis juga baik.

Published
Dec 30, 2019
How to Cite
UTAMI, Citra; ANITRA, Rien. KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 103 - 110, dec. 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2113>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v11i02.2113.