MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MI

  • sulthon sulthon sulthon IAIN Kudus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa MI, 2) mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa MI, dan 3) mengetahui konsep dan pemahaman matematika untuk  mengatasi kesulitan belajar matematika siswa MI.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.  Subjek penelitian ini adalah dua guru mapel matematika dan 6 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) jenis kesulitan belajar matematika yang yang dialami siswa MI berkaitan dengan keterampilan berhitung baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, mentransfer pengetahuan, dan kesulitan memecahkan masalah pada soal cerita. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar Matematika siswa MI adalah faktor kesalahan dasar  Matematika, yaitu kesalahan konsep matematika, keterampilan Matematika, Prosedural, komputasi, dan pemecahan masalah matematika; 3) Upaya mengatasi kesulitan belajar Matematika siswa MI adalah: 1) meningkatkan pemahaman konsep Matematika melalui pengajaran konsep, prinsip, atau keterampilan matematika dengan cara mengaitkan pengalaman sehari–hari serta menjelaskan konsep-konsep Matematika kepada siswa dengan bahasa yang sederhana dengan menggunakan alat peraga Matematika yang sesuai; 2) kesalahan konseptual, dapat diatasi dengan cara mengajar kembali teori teori atau rumus-rumus yang telah dipelajari; 3) Kesalahan procedural diatasi dengan mencoba kembali soal-soal atau permasalahan dengan memperhatikan fakta-fakta, konsep-konsep, dan prisip yang telah dipelajari sebelumnya; 4) mengembangkan cara berpikir intuitif karena dengan intuisi siswa yang kreatif dalam memecahkan berbagai masalah matematika


 


Kata Kunci: Kesulitan belajar, matematika, Madrasah Ibtidaiyah.

Published
Jul 19, 2019
How to Cite
SULTHON, sulthon sulthon. MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MI. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 17-26, july 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1433>. Date accessed: 12 nov. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v11i1.1433.