ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SENI TARI AHLAN WASAHLAN DAN TARI RAMPAK TERBANG CIOLANG DAERAH BANTEN

  • Istiqomah Istiqomah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Habudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tarian daerah Banten, yaitu tari Ahlan Wasahlan dan tari Rampak Terbang Ciolang dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, analisis deskriptif dengan studi kasus. Penyebaran lembar analisis dilakukan pada 10 responden penonton tari Ahlan Wasahlan dan tari Rampak Terbang Ciolang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut. Tari Ahlan Wasahlan merupakan pertunjukan kesenian tari untuk penyambutan tamu, sedangkan tari Rampak Terbang Ciolang merupakan pertunjukan tari yang mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari santri pada sebuah pesantren, tarian ini bukan hanya sekedar hiburan tapi juga sebagai tuntunan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam kedua tarian tersebut, berisikan tentang ajaran-ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, nilai pendidikan tersebut diantaranya berupa nilai pendidikan Agama Islam, nilai budaya, nilai etika, nilai estetika, nilai kebersamaan, nilai percaya diri, nilai keramahtamahan, nilai saling menghormati, nilai komunikasi, nilai kerakyatan, nilai kreativitas, dan nilai patriotisme. Tari Ahlan Wasahlan dan tari Rampak Terbang Ciolang perlu dilestarikan sebagai identitas budaya Banten.

Published
Jan 3, 2019
How to Cite
ISTIQOMAH, Istiqomah; HABUDIN, Habudin. ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SENI TARI AHLAN WASAHLAN DAN TARI RAMPAK TERBANG CIOLANG DAERAH BANTEN. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 135-148, jan. 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1285>. Date accessed: 20 july 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v10i02.1285.