ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DAN PUNGTUASI DALAM KARANGAN NARASI SISWA

  • Rodiya Sugiarti UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Siti Ngaisah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan preposisi dan pungtuasi dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN II Sarabau. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku-buku referensi dan hasil karangan narasi siswa kelas IV SDN II Sarabau. Teknik pengumpulan data yang dilakukan seperti observasi, wawancara, dokumen, dan triangulasi. Dengan metode dan teknik pengumpulan data ini maka dapat diketahui kesalahan preposisi dan pungtuasi dalam karangan narasi siswa. Kedudukan preposisi dan pungtuasi dalam kalimat sangat berkaitan dengan kata lain dan frase atas kalimat. Bukan hanya penggunaan bahasa yang baik dan benar saja, tetapi peraturan-peraturan yang sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan perlu digunakan dan diperhatikan, khususnya dalam penempatan pungtuasi yang tepat dan diaplikasikan melalui penulisan karya sastra, seperti karangan narasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa analisis kesalahan preposisi dan pungtuasi dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN II Sarabau, terdapat 122 penggunaan preposisi dan 213 penggunaan pungtuasi dari 33 karangan siswa. Peneliti menemukan kesalahan dalam penempatan dan penggunaannya sebanyak 9 preposisi dan 34 pungtuasi dari 33 karangan narasi siswa.

Published
Jan 3, 2019
How to Cite
SUGIARTI, Rodiya; NGAISAH, Siti. ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DAN PUNGTUASI DALAM KARANGAN NARASI SISWA. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 125-134, jan. 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1284>. Date accessed: 25 apr. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v10i02.1284.