PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG

  • Abdul Hanan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nida Jarmita UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang di kelas IV MIN Jeulanga. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test group (metode pre-eksperimen). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t dan statistik persentase (%). Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil analisis data dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 20 terdistribusi normal. Dari hasil pengolahan data dapat diperoleh t (0,95) (21) = 1,72, maka thitung > ttabel atau 25,05 > 1,72, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas IV MIN Jeulanga Pidie Jaya. Selanjutnya untuk respons siswa diperoleh persentase “ya” 68,57% dan “tidak” 31,42%. Hal ini menunjukkan siswa tertarik dalam belajar dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Share (TPS).

Published
Jan 3, 2019
How to Cite
HANAN, Abdul; JARMITA, Nida. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 107-116, jan. 2019. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1282>. Date accessed: 20 july 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v10i02.1282.