PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS REASONING ANALYSIS PADA MATA KULIAH METODOLOGI BAHASA INDONESIA

  • Hani Atus Sholikhah UIN Raden Fatah Palembang
  • Tastin Tastin UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan desain pembelajaran dengan melibatkan teori logika dan respons pembaca dalam bentuk analisis penalaran (reasoning analysis) dalam rangka peningkatan kapasitas bernalar mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian terdiri atas observasi, angket, dan wawancara. Sementara itu, instrumen pengembangan model mencakup  Focus Group Discussion dan angket uji lapangan. Melalui penerapan teori logika dan respons pembaca dengan prosedur penelitian pengembangan (RnD), diperoleh model desain pembelajaran berupa silabus dan RPS dengan fokus arahan pada aspek perencanaan pembelajaran, meliputi metode pembelajaran bahasa Indonesia MI, media pembelajaran MI, dan pengembangan materi MI secara terorganisasi dengan memanfaatkan kolaborasi teori logika dan respons pembaca. Berdasarkan data angket yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa 97,0% responden menyampaikan pernyataan positif terkait pelaksanaan pembelajaran, sedangkan sisanya yaitu 3% menyampaikan pernyataan negatif. Rata-rata pernyataan negatif tersebut disebabkan oleh kekurangpahaman dan kekurangpercayadirian responden dari materi yang telah disampaikan dimana materi tersebut nantinya akan mereka sampaikan ketika mengajar pada kegiatan magang III atau sebagai guru.

Published
Dec 31, 2018
How to Cite
SHOLIKHAH, Hani Atus; TASTIN, Tastin. PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS REASONING ANALYSIS PADA MATA KULIAH METODOLOGI BAHASA INDONESIA. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 97-106, dec. 2018. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1280>. Date accessed: 25 apr. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v10i02.1280.