Upaya Meningkatkan Kecakapan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make A Match

  • Fauziah Fauziah Guru SMP Negeri 3 Panga Kabupaten Aceh Jaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks procedure, serta mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menye-nangkan. Hasil pengamatan mengindikasikan bahwa 9 dari 11 siswa (81,81%) terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis hanya 1 orang siswa (0,11%) saja yang masih belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai post test siswa berupa evaluasi individu melalui Lembar Kerja Siswa menunjukan Sebanyak 1 siswa (0,11%) mendapat nilai B ‘very good’, 2 siswa (0,22%) mendapat nilai C ‘good’, 7 siswa (0,71%) mendapat nilai D ‘fair’, 1 siswa (0,11%) mendapat nilai E ‘poor’. Penulis menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil di atas tujuan penelitian yang telah ditetapkan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat me-ningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.

Published
Dec 9, 2016
How to Cite
FAUZIAH, Fauziah. Upaya Meningkatkan Kecakapan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make A Match. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 7, n. 01, p. 1 - 10, dec. 2016. ISSN 2623-2685. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1>. Date accessed: 12 dec. 2019.