Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana (kuasi eksperimen pada kelas III SDN Cadasari 1 kelurahan Cadasari Kecamatan Cadasari)

  • Siti Sofia Nurjanah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Mohammad Rifqi Rijal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Uyu Mu'awwanah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahya hasil belajar siswa  pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Gambar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana pada anak kelas 3 SDN Cadasari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III siswa kelas III SDN Cadasari 1 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan sederhna siswa kelas III SDN Cadasari 1. Hal ini dibuktikan t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel adalah, 2, 021 dapat disimpulkan bahwa thitung diperoleh 2,029 > dari ttabel yaitu 2,021. Dengan diperoleh a = 5% untuk uji dua pihak.Diperoleh t tabel adalah, 2,201 dapat disimpulkan bahwa thitung diperoleh 2,209 > dari t tabel yaitu 2,021.Dengan demikian Hₒ di tolak dan Hₐ diterima. hasil uji homogenitas yaitu Fhitung= 1,44 dan Ftabel=2,15 maka Fhitung kurang dari Ftabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data homogen atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan antara kedua kelas.Dengan demikian menunjukkan kemampuan menulis karangan sederhana kedua kelompok berbeda secara signifikan. Perbedaan nilai rata-rata posttest hasil menulis karangan sederhana siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan media gambar dalam menulis karangan sederhana memiliki nilai rata-rata sebesar 76,5, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 67,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Cadasari 1 tahun pelajaran 2018/2019.

Published
Dec 26, 2019
How to Cite
NURJANAH, Siti Sofia; RIJAL, Mohammad Rifqi; MU'AWWANAH, Uyu. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana (kuasi eksperimen pada kelas III SDN Cadasari 1 kelurahan Cadasari Kecamatan Cadasari). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 165-180, dec. 2019. ISSN 2654-4245. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/view/2499>. Date accessed: 27 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2499.
Section
Articles
Abstract view
654 times
pdf (Bahasa Indonesia) download
802 times