Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kualitas SDM Indonesia (Sebuah Tela’ah Terhadap Keseimbangan Nilai-nilai Imtaq dan Iptek)

  • Amin Najili Guru di MA, ASHABUL mAIMANAH sAMPANG

Pondok pesantren adalah sebuah asrama pendidikan Islam tradisional dimana para santrinya tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai. pondok pesantren merupakan tempat berlatih agar menjadi orang yang suka menolong bukan yang hanya selalu minta tolong, dan sebuah tempat menempa mental para santri, karena dalam pondok pesantren semuanya di kerjakan secara sendidri, seperti mencuci pakaian memasak dan lain sebagainya di lakukan secara sendiri, sehingga begitu keluar dari pondok pesantren mereka dapat hidup secara mandiri


   dewasa   ini   banyak   pesantren   yang telah menggunakan sistem baru sebagai perombakan dari sistem lama, namun bukan berarti menghilangkan ciri khas pesantren, akan tetapi bagaimana dengan sistem yang baru tersebut dapat mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Sehingga kegiatan pendidikan yang ada di pesantren tidak ketinggalan dengan pendidikan yang ada di luar pesantren, juga menggambarkan daya tarik yang khas yang ada di pesantren.


 


Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga yang sangat berpengaruh dalam pembentukan kualitas sumber daya Manusia beberapa peran dalam pembentukan SDM tersebut diantaranya sebagai lembaga pendidikan, sebagai lembaga da.wah, sebagai lembaga social dan sebagainya,

Published
Jul 2, 2018
How to Cite
NAJILI, Amin. Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kualitas SDM Indonesia (Sebuah Tela’ah Terhadap Keseimbangan Nilai-nilai Imtaq dan Iptek). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 159-168, july 2018. ISSN 2654-3575. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/807>. Date accessed: 07 mar. 2021.
Section
Articles
Abstract view
543 times
pdf download
452 times