KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PARADIGMA PROFETIK

  • Fatkhatul Mar'ah IAIN Purwokerto
  • Tutuk Ningsih IAIN Purwokerto



Paradigma profetik dalam memaknai pendidik perlu digali lebih dalam agar proses pendidikan benar-benar mencapai esensinya, yaitu proses memanusiakan manusia menuju manusia seutuhnya. Misi utama pendidikan adalah menanamkan kepada peserta didik akhlak yang mulia serta budi pekerti. Pendidik profetik merupakan pendidik yang memiliki misi seperti para nabi dalam melaksanakan tugas kenabiannya, sehingga pendidik diwajibkan meneladani dan memiliki empat sifat Nabi atau Rasul antara lain: jujur (siddiq), dapat dipercaya (amanah), menyampaikan (tabligh), cerdas (fatonah) serta meneladani kisah para Nabi. Peserta didik dalam paradigma pendidikan profetik sangat berkaitan erat dengan pandangan al-Qur'an mengenai hakekat manusia baik jasmani maupun ruhani. Inti orientasi pendidikan Islam bermuara pada misi profetik yang membentuk jiwa muslim yang sholeh yang dapat menyatukan hubungan hablumminannalah dan hablumminannas secara komprehensif. Nilai-nilai profetik yang perlu dimiliki oleh peserta didik antara lain: segala aktifitas belajar diniatkan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, bersikap zuhud, memiliki sikap rendah hati atau tawadhu dan memiliki karakter yang mulia




Published
Jun 22, 2021
How to Cite
MAR'AH, Fatkhatul; NINGSIH, Tutuk. KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PARADIGMA PROFETIK. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 268-280, june 2021. ISSN 2654-3575. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/4703>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4703.
Section
Articles
Abstract view
234 times
pdf (Bahasa Indonesia) download
164 times