Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi XAMPP untuk Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits

  • Moch Subekhan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Setia Wati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di kelas XI, di MAN 1 Kota Cilegon masih belum sesuai harapan dari tujuan pembelajaran, sehingga perlu adanya upaya mengatasi masalah tersebut. Titik permasalahannya terdapat pada materi ajar yang diserap oleh siswa belum tercapai secara maksimal. Maka dari itu perlu adanya pembenahan dalam proses pembelajaran tersebut.


Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah media pembelajaran berbasis Aplikasi XAMPP pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang di kembangkan untuk siswa kelas XI dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan bahan penunjang dalam pembelajaran di kelas?.


Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan pada rumusan masalah, maka tujuan peneliti yang akan dihasilkan dan dikembangkan adalah: Menghasilkan dan mengembangkan sebuah produk berbentuk media pembelajaran berbasis Aplikasi XAMPP untuk mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan media bantu dalam pembelajaran sehingga mempermudah siswa dalam proses belajar di kelas.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk model Borg & Gall dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 5 tahap: survei dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan desain, uji coba terbatas peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli media dan ahli materi dan uji coba terbatas peserta didik.


Hasil penelitian di kelas XI MAN 1 Kota Cilegon, hasil presentase rata-rata pada data instrument respon peserta didik yaitu 7,8% kategori “baik”. Jadi media pembelajaran berbasis aplikasi XAMPP untuk mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits untuk peserta didik kelas XI yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak menjadi media pembelajaran.


 

Published
Dec 11, 2020
How to Cite
SUBEKHAN, Moch; WATI, Setia. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi XAMPP untuk Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 222-231, dec. 2020. ISSN 2654-3575. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/3681>. Date accessed: 04 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3681.
Section
Articles
Abstract view
744 times
pdf (Bahasa Indonesia) download
422 times