HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

  • Nana Suryapermana Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yanti Mariah Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Kecerdasan Emosional (EQ) dan motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, karena hal tersebut mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah  Darul Huda Cikoneng Pandeglang dan Madrasah Tsanawiyah Daarel Mu’min Cimanuk Pandeglang. untuk mendapatkan hasil belajar yang baik siswa diharapkan memiliki kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang tinggi pada pelaksanaan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar aqidah akhlak dan  Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar aqidah akhlak


 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Cikoneng  dan Madrasah Tsanawiyah Daarel Mu’min Cimanak Pandeglang. Dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket kecerdasan emosional dan motivasi belajar sebanyak 50 soal yang telah diuji  validitas dan reabilitasnya; dan dokumen hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai penilaian akhir semester. Analisis data menggunakan uji korelasi ganda dan uji regresi ganda dengan bantuan kolmogorov smirnov pada SPSS version 22.0 for Windows.


 Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y sebesar 0,916, artinya tergolong sangat kuat. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y sebesar 0,710, artinya tergolong cukup kuat. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1, X2 dengan Y sebesar 0,85, artinya tergolong sangat kuat. Dengan demikian hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil belajar melalui kecerdasan emosional dan motivasi belajar.

Published
May 20, 2020
How to Cite
SURYAPERMANA, Nana; MARIAH, Yanti. HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 40-54, may 2020. ISSN 2654-3575. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/2634>. Date accessed: 02 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v7i1.2634.
Section
Articles
Abstract view
365 times
PDF download
158 times