PENCEGAHAN DAN PENANGGULANAN NARKOBA DALAM KEHIDUPAN REMAJA

  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Generasi muda merupakan pilar sebuah bangsa, mereka adalah tonggak yang sangat berarti bagi kelangsungan masa depan. Setuju atau tidak, generasi mudalah yang akan menghadapi segala tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia. Mereka adalah kaset yang merekam setiap peristiwa, generasi mudalah yang merupakan tumpuan, harapan dan angan-angan yang sangat besar bagi perkembangan sebuah bangsa. Mereka adalah hari esok dan sinar mataluzri yang akan menyinari kehidupan.


Maraknya kriminalitas, pelecehan seksual, pergaulan bebas, alkhohol, narkoba tawuran, dan tindakan-tindakan kotor Iainnya yang dilakukan oleh para remaja, karena kesalahan kita sebagai orang tua yang kurang pemahaman dalam mengenal siapa mereka. Kita. sibuk dengan berbagai urusan harta, karier, popularitas, jabatan, politik, perusaliaan, tapi, kita melalaikan kewajiban yang ada di depan mata kita, yakni anak-anak yang sedang membutuhkan bimbingan dan pendidikan dari orang tuanya.


Pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin sejak anak usia SD sampai SMA hingga perguruan tinggi, bahkan pada anak usia balita, sekolah merupakan lembaga yang sangat penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba mengingat pemakaiannya adalah anak dan remaja usia sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi. Penyahgunaan narkoba sangat komplek tetapi selalu merupakan interaksi. Ada tiga faktor penyebabnya yaitu Narkoba, Individu, Lingkungan.


Kata Kunci : Pencegahan, penanggulangan narkoba dan remaja.

Published
Apr 4, 2019
How to Cite
ZOHRIAH, Anis. PENCEGAHAN DAN PENANGGULANAN NARKOBA DALAM KEHIDUPAN REMAJA. Dedikasi: Journal of Community Engagment, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 49-64, apr. 2019. ISSN 1979-9853. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1738>. Date accessed: 25 nov. 2020.
Abstract view
59 times
Pdf (Bahasa Indonesia) download
32 times