KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI (PROSES PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKELANJUTAN DAN BERANGSUR-ANGSUR)

  • Hasbullah Hasbullah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Lingkungan pendidikan Islam adalah suatu institusi atau lembaga di mana pendidikan itu berlangsung. Menurut Abudin Nata, lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik. Lembaga pendidikan ialah badan usaha yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak1. Keluarga merupakan bagian dari lembaga pendidikan informal. Selain itu, keluarga juga disebut sebagai satuan pendidikan luar sekolah. Keluarga memiliki peranan penting dalam mendidik setiap anak. Pendidikan Islam merupakan proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan  dan nilai nilai-nilai Islam pada peserta didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya untuk mencapai keseimbangan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya. Pendidikan menurut Al-Ghazali adalah bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan untuk mencari kedudukan yang menghasilkan uang. Karena jika tujuan pendidikan diarahkan  bukan  pada  mendekatkan  diri  kepada  Allah,  maka  akan  dapat  menimbulkan kedengkian, kebencian dan permusuhan.

Published
Dec 28, 2018
How to Cite
HASBULLAH, Hasbullah. KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI (PROSES PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKELANJUTAN DAN BERANGSUR-ANGSUR). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 81 - 88, dec. 2018. ISSN 2685-1326. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1428>. Date accessed: 02 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i2.1428.
Section
Articles
Abstract view
4911 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
866 times