PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI

  • Heru Kurniawan IAIN Purwokerto

Tulisan ini fokus membahas persoalan literasi anak usia dini dalam lingkungan pendidikan keluarga dan sekolah. Karena kemampuan dasar literasi anak usia dini tidak akan lepas dari pengaruh lingkungan belajar dalam keluarga dan sekolah. Bahkan, keluarga dan sekolah menjadi basis utama dalam pendidikan literasi anak-anak-anak, sehingga diperlukan suatu desain pengembangan lingkungan belajar literasi yang mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan literasi anak-anak usia dini. Mendesain lingkungan belajar literasi untuk anak dalam pendidikan keluarga dan sekolah merupakan usaha yang dilakukan orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemampuan dan keterampilan literasi pada anak-anak dalam kehidupan keluarga dan sekolah. Desain lingkungan belajar literasi anak usia dini dalam pendidikan keluarga dan sekolah pada anak usia dini dapat dilakukan melalui tiga hal penting sebagai berikut; Pertama, desain yang berorientasikan pada penciptaan dan peningkatan budaya membaca pada anak. Kedua, desain yang mengkondisikan anak-anak untuk mengelaborasi segala bentuk informasi dan ilmu pengetahuan yang telah didapat dari membaca untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak. Ketiga, desain lingkungan belajar anak-anak untik aktif dalam menulis.

Published
Jun 28, 2018
How to Cite
KURNIAWAN, Heru. PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 45 - 56, june 2018. ISSN 2685-1326. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1352.
Section
Articles
Abstract view
345 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
200 times