OPTIMALISASI DAN PERAN LINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA

  • Achmad Satori Ismail UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Untuk mengembangkan pel,qjaran bahasa Arab di Indonesia pada saat ini perlu dilakukan berbagai upaya. Di antara upaya yang perlu dilakukan tersebut adalah dengan mengoptimalkan peran linguistik, terutama linguistik terapan, dalam pengajaran bahasa Arab. Hal ini mengingat bahwa pada dasarnya proses pengajaran bahasa menuntut pengetahuan tentang prinsip-prinsip bahasa yang dipelajari. Tanpa bantuan teori-teori linguistik, guru bahasa Arab akan menemukan kesulitan dalam memberikan deskripsi yang akurat tentang bahasa dan situasi penggunnya. Untuk itulah teori-teori linguistik  umum,  sosio-linguistik, dan psiko-linguistik perlu mendapatkan perhatian dalam proses pengajaran bahasa Arab. Pemanfaatan linguistik dalam pengajaran bahasa Arab setidaknya dapat dilakukan dalam proses memilih bahan pelajaran, menentukan tahapan pengajaran, proses penyampaian materi pengajaran, dan pelaksanaan evaluasi pengajaran bahasa.

Kata Kunci: Linguistik, Pengajaran Bahasa Arab, Error Analysis

Published
Dec 27, 2002
How to Cite
ISMAIL, Achmad Satori. OPTIMALISASI DAN PERAN LINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Al Qalam, [S.l.], v. 19, n. 95, p. 67-88, dec. 2002. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/463>. Date accessed: 27 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.463.
Abstract view
15 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
129 times