PERANAN PENGETAHUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

  • Encep Syarifudin STAIN "Sultan Maulana Hasanuddin Banten" Serang

Kepala Sekolah sebagai pimpinan maupun manajer- dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memimpin. Salah satu syarat. yang harus ditempuh oleh Kepala Sekolah adalah memiliki pengetahuan kepemimpinan pendidikan. Tanggung jawab Kepala Sekolah adalah mencurahkan seluruh kemampuannya terutama potensi  dirinya  yaitu bakat dalam dirinya yang secara alamiah dapat dikembangkan  melalui ilmu yang diperolehnya serta pengalaman-pengalaman dalam memimpin
Interaksi yang berkesinambungan secara emosional clan struktural yang baik akan dapat menunjang. peranan pengetahuan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pendidikan di dalam tugas dan fungsinya. Namun pada kondisi psikologis Kepala Sekolah kurang baik, biasanya ada pelimpahan tugas kepada orang (bawahan) yang dipercayakan dalam menyelesaikan beberapa hal yang dinilainya cukup mendesak, bila hal ini berjalan dengan baik secara langsung akan membantu peranan pengetahuan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pendidikan dengan menggunakan pelimpahan tugas tersebut.
Dalam proses kegiatan sekolah atau kegiatan belajar mengajar, Kepala Sekolah adalah seorang pimpinan yang memberikan pengarahan terhadap guru dan siswa. Dalam mentransfer pengetahuan hendaknya Kepala Sekolah sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu mengenai pengetahuan atau kecakapan dan keterampilan. Tanpa ini semua tidak mungkin proses kegiatan sekolah dapat berjalan dengan kondusif. Kepala Sekolah sebagai manajer yang bertanggung jawab akan suatu keberhasilan terhadap sekolah, dengan demikian Kepala Sekolah dituntut agar mampu mengantarkan keberhasilan dalam memimpin di  sekolah  walaupun banyak kendala yang dihadapi.
Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, maka seorang Kepala Sekolah harus memiliki pengetahuan tentang kepemimpinan pendidikan. Pengetahuan kepemimpinan pendidikan merupakan segala sesuatu yang diketahui oleh Kepala Sekolah, mulai dari merencanakan, mengarahkan, membimbing, mempengaruhi dan menggerakkan efektivitas guru dan siswa. Kegiatan ini dilakukan agar para guru yang dipimpinnya mau bekerja sama di dalam kegiatan sekolah, sehingga dapat mendukung terciptanya ik1im seko lah  yang harmonis, dan terciptanya kinerja yang diharapkan. 

Kata Kunci: Pengetahuan Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pendidikan, Pengqjaran

Published
Jun 28, 2002
How to Cite
SYARIFUDIN, Encep. PERANAN PENGETAHUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Al Qalam, [S.l.], v. 19, n. 93, p. 133-149, june 2002. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/458>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.458.
Abstract view
15 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
101 times

Most read articles by the same author(s)