HUBUNGAN ANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT, BAHASA ARAB DAN ALQURAN

  • Achmad Satori Ismail UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berdasarkan karakteristik kebahasaan yang terdapat dalam bahasa Arab, para peneliti di bidang bahasa telah memasukkan bahasa Arab ke dlam kelompok rumpun bahasa Semit. Di antara karakteristik tersebut misalnya adalah kosa kata yang kebanyakan berasal dari tiga huruf, perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan perubahan bentuk waktu (tenses), bentuk kata benda (ism) dan kata kerja (fi'il) serta penggunaan kata ganti (dhamir). Di samping itu, antara bahasa Arab dan bahasa  Semit, terclapat pula kesamaan dalam susunan dan bentuk kalimat serta banyak kosa kata.
Mengingat kaitan yang demikian erat antara bahasa Arab dan rumpun bahasa Semit, maka studi tentang bahasa-bahasa Semit menjadi sangat relevan bagi para peneliti bahasa Arab.
Sebelum  mengurai   hubungan   antara   al-Qur'an   dengan   bahasa Arab, penulis mengangkat permasalahan di sekitar asal-usul dan sejarah pertumbuhan bahasa Arab sejak dari awal kelahirannya yang masih dipenuhi kabut misteri hingga bahasa ini mencapai kematangannya yang luar biasa pada masa menjelang kedatangan Islam di jazirah Arabia.
Kehadiran Islam dengan membawa al-Qur'an yang berbahasa Arab sebagai mukjizat, temyata membawa pengaruh yang sangat besar bagi bahasa Arab sehingga bahasa ini masih tetap eksis dan bahkan terus berkembang sampai sekarang.

Kata Kunci: Bahasa Semit, bahasa Arab, al-Arab al-Baidah, al-Arab af­ Baqryah.

Published
Jun 28, 2002
How to Cite
ISMAIL, Achmad Satori. HUBUNGAN ANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT, BAHASA ARAB DAN ALQURAN. Al Qalam, [S.l.], v. 19, n. 93, p. 47-66, june 2002. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/454>. Date accessed: 27 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.454.
Abstract view
67 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
215 times